Perkuat Karakter Siswa, SLUB Programkan Kegiatan Pelatihan Pramuka Bersama dan Kamis Budaya

Sabtu (7/9), seluruh siswa kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar melaksanakan kegiatan pelatihan pramuka Bersama di GOR Ngurah Rai Denpasar. Kegiatan tersebut dilatih oleh dua orang pelatih. Ini merupakan program baru sekolah yang bertujuan untuk memperkuat karakter siswa utamanya kemandirian, gotong royong, dan rasa cinta terhadap budaya Bali. “Kami berusaha sebisa mungkin  untuk memperkuat karakter siswa melalui dua kegiatan yaitu pelatihan pramuka bersama dan Kamis budaya,”  ungkap, Drs. I Nyoman Sumerta, Kepala SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Pelatihan pramuka Bersama bagi kelas VII dilakukan setiap sabtu pada minggu pertama. Sedangkan bagi kelas VIII kegiatan akan dilakukan Sabtu pada minggu ketiga setiap bulannya. Siswa kelas IX tidak diikutsertakan dalam kegiatan ini karena difokuskan untuk belajar di sekolah mangingat siswa kelas IX akan menghadapi UNBK.

Foto: Kegiatan pramuka bersama di GOR Ngurah Rai

Pertemuan pramuka pertama diawali dengan berkumpulnya para siswa kelas VII di GOR pada pukul 07.00 WITA. Dilanjutkan dengan pembentukan beberapa regu dengan menggabungkan seluruh siswa kelas VII yang berbeda-beda kelas. Setelah pembentukan regu, dilaksanakan pemelihan ketua dan wakil bagi masing-masing. Kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan baris-berbaris, penghapalan tri satya dan dasa darma, lalu ditutup dengan kegiatan bernyanyi Bersama sebelum kembali ke sekolah.

Ada hal menarik yang dilakukan saat kembali ke sekolah, yaitu  setiap regu diharuskan berbaris secara rapi seperti semut dan berjalan Bersama ke sekolah. “Waktu pulang sekolah, kami berjalan bersama dengan berbaris mengikuti regu masing-masing seperti semut,” jelas Yuli, salah seorang siswa. Kesan lain juga dirasakan oleh Gus Surya yang mengatakan dirinya mendapatkan banyak teman baru karena kegiatan pramuka ini. “Kegiatan ini seru dan bisa menambah banyak teman, karena setiap regu itu terdiri dari kelas yang berbeda-beda, jadi saya bisa kenalan dengan teman teman kelas lainnya,” ujarnya.

 

Kamis Budaya

Foto: Kegiatan Kamis BUdaya di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar

Tidak hanya pelatihan pramuka Bersama, SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar juga memprogramkan kegiatan Kamis Budaya yang diadakan tiap Kamis minggu kedua dan keempat. Kegiatan diikuti oleh seluruh kelas di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.  Kegiatan tersebut adalah usaha yang dilakuan sekolah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya. Kegiatan Kamis Budaya mengambil tema yang berbeda-beda pada tiap minggunya. Untuk pertemuan pertama Kamis (12/9) seluruh siswa yang beragama hindu diajak untuk membuat canang dan siswa selain agama Hindu diajak untuk membuat ketupat. Kegiatan ini dilangsungkan pada jam pertama dan dijaga oleh wali kelas masing-masing. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh siswa. Mereka menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat baik untuk mengenalkan budaya kepada siswa agar tidak selalu sibuk dengan handphone. “Programnya cukup bagus karena siswa didik belajar untuk mempelajari budaya mereka agar tidak terlalu masuk ke dunia modern, supaya ada ciri khas balinya juga,” ungkap Dwi Dharma siswa kelas IX. (san)

Galeri