Angely Panadevi, Juara I Kana Contest Ingin Bahasa Jepang Jadi Icon SLUB

SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar melalui wakilnya Angely Panadevi Budyana berhasil meraih juara I pada Kana Contest yang diadakan oleh SMK Negeri 5 Denpasar (20/10). Perlombaan yang diikuti oleh SMP se-kota Denpasar tersebut memperebutkan juara I sampai III untuk kategori menulis kalimat/kata dengan Hiragana dan Katakana. Angely sang juara mengatakan bahwa dirinya sangat gugup, terlebih lagi sebelum pengumuman pemenang. "Aku tidak percaya dan sempat berpikir salah dengar," tuturnya. Persiapan yang singkat menjadi satu-satunya alasan ketidakpercayaannya itu. "Kami waktu itu hanya bisa mempersiapkan diri selama lima hari, itupun dilakukan di sela-sela pembelajaran," tambahnya.

Bangga juga dirasakan oleh Ni Nyoman Niti Pratiwi, S.S., pembina, sekaligus guru Bahasa Jepang di SLUB. Menurutnya, kemampuan anak didik yang dikirim untuk mewakili sekolah dalam lomba ini memang sudah baik. "Anak-anak ini, khususnya Angely memang memiliki pemahaman yang baik pada Bahasa Jepang," ungkapnya. Niti Pratiwi berharap SLUB mampu mendapatkan prestasi yang lebih baik utamanya pada perlombaan yang serupa.

Menjadi  Mata Pelajaran

SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar memang berkomitmen untuk memberikan pengalaman lebih bagi siswa yang mau melanjutkan di sekolah ini. Salah satunya adalah memasukkan Bahasa Jepang di kurikulum sekolah. "Saya ingin pelajaran Bahasa Jepang terus ada, bahkan kalau bisa menjadi ikon SLUB," sela Angely.

Memang tidak banyak sekolah yang saat ini bisa menyisipkan Bahasa Jepang pada kurikulumnya. Padahal, dengan penguasaan banyak bahasa tentu saja akan menjadi bekal berharap untuk masa depan anak. (Lt)