Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri

Dilihat sebanyak 73 kali
Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri

oleh: I G. A. Serlly Aprilia Wati VIIIF

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau.
Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik. Kita sebagai manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri mahupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.

Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk.

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan lain-lainnya Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap tingkap dan perabot rumah, menyapu dan mengemop lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan , membersihkan bilik mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulakan dengan menjaga kebersihan halaman dan membersihkan jalan di depan rumah daripada sampah.

Ada beberapa kebiasaan bersih yang harus kita lakukan setiap hari agar terbebas dari penyakit. Kebiasaan ini juga harus diikuti sejak kita masih kecil.
Menjalani gaya hidup sehat tidak akan banyak berarti jika diri kita sendiri tidak mengikuti kebiasaan bersih sebagai bagian dari keseharian.

Setiap orang memiliki kebiasaan rutinitas pagi yang sama setiap hari. Saat alarm berbunyi, mereka bangun, ke kamar mandi dan menyikat gigi. Tapi, menyikat gigi di pagi hari saja tidak cukup, pastikan kita juga menyikat gigi sebelum tidur. Kemudian pastikan kita juga membersihkan lidah agar kita terbebas dari kuman.

Kebiasaan bersih berikutnya adalah mandi setiap hari. Di negara tropis seperti Indonesia, dengan iklim, polusi, debu, dan kotoran yang kita hadapi setiap hari, akan lebih baik untuk mandi setiap hari.
Mandi tidak hanya membersihkan tubuh kita, tetapi juga membantu melepaskan stres dan ketegangan setelah beraktivitas.

Merapikan rambut juga menjadi salah satu kebiasaan yang harus dilakukan. Buat jadwal rutin untuk memotong rambut. Selain itu, gunting juga kuku secara rutin. Kuku panjang yang kotor hanya akan menjadi sarang bakteri bagi kuman-kuman yang di sekitar kita tidak merajalela.

Ayo biasakan menjaga kebersihan diri kita sendiri. Kalau bukan dari diri kita sendiri siapa lagi? Ingat kebersihan adalah pangkal kesehatan sementara itu pepatah mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Berikan komentar terbaik anda