Ayo Selamatkan Bumi

Dilihat sebanyak 98 kali
Ayo Selamatkan Bumi

oleh: Ni kadek Ratna Juita VIIIE

Dengan kemajuan zaman yang saat ini semakin banyak produk-produk yang tidak ramah lingkungan dan dapat merusak alam serta lingkungan kita. Go Green menyadarkan kita untuk menjaga dan melestarikan alam dan bukan merusaknya. Go Green merupakan salah satu cara mudah menyelamatkan lingkungan.Banyak program yang sudah di laksanakan salah satunya penghijauan adalah suatu usaha untuk menghijaukan alam atau lingkungan.

Dengan melakukan penghijauan atau gerakan hijau akan memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan mahluk hidup.Sebagai salah satu cara penghijauan yang menguntungkan prinsip 3R menjadi bagian daur ulang untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Reuse, Reduce dan Recycle atau 3R yang dapat mendaur ulang sampah dan mengurangi kerusakan pada alam atau lingkungan kita. Reuse menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya seperti menggunakan benda yang dapat di gunakan berulang ulang kali dapat mengurangi sampah. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah seperti memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar atau penggunaan bahan sekali pakai dan sebaiknya menggunakan yang bisa diisi ulang kembali. Recycle mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat dengan menggunakan produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.

Kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya menjadi alasan utama mengapa sering terjadinya pencemaran lingkungan.Penghijauan memiliki banyak manfaat lainnya mengurangi polutan yang terbuang di udara. Pohon di pinggir pinggir jalan berfungsi membersihkan partikel padat seperti timbal dan akan menempel pada ranting dan batang pohon dan menurunkan kadar partikel debu.Dapat mencegah terjadinya banjir penghijauan dapat mengembalikan fungsi daerah resapan air di dalam kota. Daerah resapan air bisa berupa lapangan bola, taman dan hutan. Memelihara kawasan resapan air tersebut merupakan aksi nyata gerakan penghijauan. Manfaat penghijauan di kawasan ini adalah mengurangi debit atau limpasan air saat musim hujan karena meresap ke dalam tanah dengan mudah.(rta)

Berikan komentar terbaik anda