Tips Belajar, Belajar Mesti Menyenangkan

Sudah Tidak jarang lagi kalau seorang pelajar mendapatkan nilai di bawah KKM saat mereka ulangan, sepertinya itu sudah biasa, tapi bagaimana bisa temen sekelas  yang lain mendapatkan nilai yang bagus tanpa mencontek ? Yang menentukan adalah cara kita belajar. Bukan belajar dalam waktu yang lama karena percuma saja belajar dalam waktu yang lama tapi tidak ada yang di ingat, apalagi belajar dengan cara SKS alias Sistem Kebut Semalam yang maksud nya baru mulai belajar saat besok nya ada ulangan.

Saat sudah mulai mendekati musim ulangan sebaiknya mencicil pelajaran tersebut sedikit-sedikit karena otak juga memerlukan waktu untuk memproses informasi yang baru saja di dapat. Selain itu belajar juga harus didasari atas keinginan sendiri dan juga harus menyukai pelajaran yang sedang di pelajari karena jika kita tidak menyukai pelajaran yang sedang di pelajari kita akan merasa pelajaran tersebut sangat susah jadi, ini juga membantu agar kita cepat mengerti yang sedang di pelajari. Melakukan belajar secara efektif juga mempengaruhi cara belajar dan nilai yang di peroleh siswa. 

 

Cara belajar secara efektif adalah :

  1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman. Agar belajar terasa nyaman mungkin saat  belajar bisa sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC. 
  2. Merangkum Pokok Pembelajaran. Mengambil intisari dari pelajar tersebut akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut. 
  3. Belajar Bersama. Belajar bersama adalah cara yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. 
  4. Metode memodifikasi menyerupai nama sesuatu. Metode ini digunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi.
  5. Belajar dengan Praktik. Cara belajar ini akan membuat siswa belajar tanpa bosan
  6. Belajar rutin tapi jangan lama. Belajar dengan rutin contohnya pagi 15 menit sebelum mandi, siang 20 menit sepulang sekolah, dan malam 1 jam sesudah makan malam.
  7. Memahami Bukan Menghafal. Agar belajar lebih efektif disarankan untuk “memahami” materi pembelajaran bukannya “menghafal”.

Jika teman yang lain bisa mendapat nilai bagus kenapa kita nggak ?  Jadi mari kita membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. (ass)