886 Siswa SLUB Diimunsasi MR

Sebanyak 886 orang siswa SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar mendapatkan imunisasi MR dari Puskesmas Denpasar Utara, Jumat dan Sabtu (24-25). Imunisasi ini adalah program pemerintah untuk mengantisipasi penularan virus campak. Imunisasi dilakukan di aula 1 SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Kelas VII dan kelas VIII mendapatkan imunisasi pada hari pertama. Sementara itu kelas IX mendapatkan imunisasi pada hari kedua. Jumlah petugas puskesmas yang memadai membuat proses berlangsung cepat. Ada tiga orang petugas yang memberikan suntikan pada siswa. Menimbang keterbatasan ruang aula dan agar tidak mengganggu proses pembelajaran, proses imunisasi dilakukan secara bergilir per kelas.

            Tampak ekspresi tegang di wajah para siswa saat menunggu giliran imunisasi. Bahkan ada yang mengaku pusing karena saking tegangnya, seperti yang dituturkan oleh Ayu Periastini siswa kelas IX. Saking tegangnya, saat diimunisasi dirinya sampai mencubit wali kelas. “Tegang, takut, pokoknya bercampur aduk. Pas disuntik aku sampai mencubit wali kelas,” tuturnya.

            Meskipun diliputi ketegangan, imunisasi dilalui dengan lancar. Berbeda saat imunisasi JE beberapa waktu lalu yang diwarnai dengan beberapa insiden seperti muntah dan pingsan setelah imunisasi.

Apa itu imunisasi MR?

Imunisasi sebenarnya adalah usaha yang dilakukan untuk menambah data virus pada tubuh seseorang. Virus yang disuntikkan adalah jenis virus yang biasanya mudah menular dan tentunya telah dilemahkan. Apabila sudah terdaftar di tubuh, virus tersebut akan mudah dilawan seandainya masuk ke tubuh seseorang yang telah diimunisisasi. Hal inilah yang menyebabkan imunisasi menjadi sangat penting.

            Sementara itu MR adalah kependekan dari Measles (campak) dan Rubella (Campak Jerman). Kedua penyakit ini disebabkan oleh virus dan penularannya sangat mudah dari orang yang sakit ke orang yang sehat melalui udara. Banyak komplikasi yang bisa disebabkan oleh penyakit ini seperti radang paru-paru, radang otak, dan radang selaput otak. (lentera)

laughing