PARSA Raih Juara III LKBB PPI 2018

Tim paskibra SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar (PARSA) berhasil meraih juara III pada ajang LKBB Purna Paskibra Indonesia (2/3) lalu. Lomba yang diadakan di SMP Wisata Sanur tersebut diikuti oleh 19 pasukan dari berbagai SMP negeri dan swasta. Sesuai dengan peraturan, Parsa mengirimkan 22 anggota yang terbagi atas 21 pasukan dan satu orang danton (pemimpin pasukan-red). Anggota terdiri atas siswa kelas 7 dan kelas 8.

I Ketut Aria Batur Pembina Parsa mengaku sangat bangga dengan hasil yang didapat. ”Yang jelas kita semua bangga. Untuk tahun lalu kita masih di peringkat lima, sekarang kita sudah menunjukan kemampuan kita bahwa tahun ini kita dapat mencapai peringkat tiga.” ungkapnya.  Reza Dwi Saputra bersama Ketut Wira Adnyana selaku pelatih PARSA juga sangat bangga karena ini adalah kali pertama pasukan yang dilatihnya mendapatkan tiga besar. “Perasaannya yang pertama pastilah seneng dan bangga karena dari 3 lomba-lomba sebelumnya aku ngelatih PARSA cuman bisa masuk 6 besar dan sekarang lomba ke 4 aku ngajar bisa masuk 3 besar. Bener-bener bersyukur,” ungkap Reza. Dalam melatih, Reza dan tim pelatih yang lain memiliki trik untuk melatih yaitu saat hari H selalu melakukan renungan untuk menjernihkan pikiran, tidak lupa juga selalu melalukan persembahyangan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada saat perlombaan terlihat pasukan PARSA tidak melakukan kesalahan. Mereka sangat percaya diri akan kemenangan. Mereka telah berusaha melakukan yang terbaik dan membutikan bahwa mereka mampu mendapatkan juara dalam perlombaan ini. Semua nampak cukup sempurna berkat kepercayaan diri mereka masing-masing yang selalu mendapat support dari orang sekitarnya. “Harapan untuk kedepan yang jelas, harapan kita bersama anak-anak, kita berkomitmen untuk semakin berjuang lagi di event-event lainnya karena kita pasti dituntut untuk lebih baik lagi,” tambah pembina. Walaupun mendapat juara III, PARSA tetap bersyukur apa yang telah didapatkan. Untuk kedepannya PARSA harus lebih semangat untuk meningkatkan juaranya. Tidak ada kata berhenti semangat untuk berjuang.

Pengalaman pertama
Ada hal menarik pada lomba kali ini. Dinda Ayu Vijayanti adalah Danton perempuan pertama Parsa sekaligus menjadi danton pertama pada angkatan ini. Ia terpilih karena memiliki ketegasan yang dipercaya mampu memimpin PARSA. Tidak hanya itu, bagi kelas 7 mereka juga mendapatkan pengalaman baru karena baru pertama kali mengikuti lomba. Parsa juga harus menyiapkan diri selama sebulan untuk mendapatkan prestasi yang membanggakan ini.(lp)