Simulasi UNBK Kedua SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar Berjalan Lancar


Hari terakhir simulasi UNBK kedua, Rabu (15/2) dilalui seluruh siswa dengan lancar. Sesuai dengan data siswa yang terverifikasi ke pusat, tahun ini ada 209 orang siswa yang akan mengikuti UNBK pada Mei mendatang.

Simulasi UNBK kedua dilakukan di dua tempat, yakni laboratorium komputer SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dan laboratorium komputer SMK Saraswati 1 Denpasar. Kapasitas peserta disesuaikan dengan panduan dari pusat  yaitu untuk satu ruangan dengan satu server hanya bisa diisi oleh 40 orang peserta ujian. Agar mampu mengakomodir seluruh siswa, pada setiap sesi diisi oleh 70 orang siswa dengan perhitungan 40 orang siswa di laboratorium SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dan 30 orang siswa di laboratorium SMK Saraswati 1 Denpasar.

I Gede Ari Martana, proktor untuk simulasi kedua ini menerangkan bahwa selama proses simulasi tidak ditemui kendala yang berarti, meskipun ada beberapa hal yang bisa dijadikan catatan pada saat UNBK nanti, misalnya aplikasi xambrowser yang tiba-tiba logout sendiri dan ada juga yang terhenti saat akan login. “Semua berjalan lancar, hanya ada beberapa client yang tiba-tiba logout sendiri dan ini harus diatasi dengan login ulang dan reset login peserta pada server. Akan tetapi, itu tidaklah menjadi masalah yang berarti,” jelasnya.

Bagi para peserta, simulasi kedua UNBK yang telah dilaluinya ternyata memberikan pengalaman yang berharga untuk menyiapkan UNBK utama. “Sangat senang karena berjalan lancar,” ungkap Ary Mahardika. Senada dengan Ary, Nabilla Farah juga mengungkapkan rasa senangnya karena kegiatan bisa berjalan dengan lancar. “Simulasinya mudah dipahami dan gampang dimengerti, meskipun ada kesulitan di awal-awalnya tapi berikutnya lancar,” tuturnya.

Selanjutnya, gladi bersih UNBK SMP akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. (lp)