Tahun Ini SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar Ikut UNBK

Tahun ini SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar memantapkan diri untuk mengikuti UNBK. Komitmen tersebut adalah jawaban atas rencana yang telah dibuat sejak satu tahun silam. Rencananya, kegiatan UNBK di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar akan dilangsungkan di dua tempat, yakni 40 siswa di laboratorium komputer SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dan 30 siswa di laboratorium komputer SMK 1 Saraswati 1 Denpasar. Jumlah siswa kelas IX yang sudah lulus terverefikasi oleh pusat adalah 209 orang.

Ujian Nasional Berbasis Komputer, lebih di pilih pihak sekolah dibandingkan dengan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil sebab dinilai Ujian Berbasis Komputer lebih efektif dalam penggunaan waktu saat pengerjaan dan administrasi yang di butuhkan tidak sebanyak saat proses UNKP. “Kalau UNBK itu waktu anak-anak bekerja lebih banyak dan juga tidak perlu fotocopy soal jadi menghemat administrasi,” jelas Drs. Dewa Ketut Suwamba, selaku Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum.

Sampai saat ini, infrastruktur yang dimiliki oleh sekolah untuk mengikut UNBK sudah berjalan 100%. Hal ini ditegaskan oleh I G. P. T. Yudiatmika, S.Pt., M.M. wakil kepala sekolah bidang sarana. “Kami memiliki satu buah server yang bisa melayani 40 client dan sekolah ini sudah memiliki 45 client dengan 5 client sebagai cadangan. Untuk mengcover listrik yang nanti bisa down, kami akan menyediakan satu buah genset pada kegiatan UNBK nanti,” tegasnya.

Keikutsertaan sekolah dalan UNBK 2018 ini ternyata memberikan kesan tersendiri pada siswa. Ketakutan terhadap waktu adalah alasan beberapa siswa terhadap pelaksanaan UNBK nanti. “Kendala yang paling terasa itu di waktu, kan waktunya terlihat di bagian atas, jadi agak tegang,” ungkap Luh Mimi, siswa kelas IXB. (icp)

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *